Chinese Movie

The Mermaid (2016)

Sebuah filem fiksi fantasi, romantis dan komedi besutan Stephen Chow, aktor lawas dalam dunia filem perkomedian.

Filem ini menceritakan tentang pebisnis ‘playboy’ yang jatuh cinta dengan seekor duyung yang diutus untuk membunuhnya.

Filem ini ditayangkan di China pada tanggal 8 Februari 2016 dan menembus rekor pembukaan yang pertama dan berpenghasilan kotor terbesar dalam 7 hari berturut sejak ditayangkan di China.

The-Mermaid-poster

Alur Cerita

Pebisnis kaya yang ‘playboy’, Liu Xuan (diperankan oleh Deng Chao) membeli Green Gulf (Teluk Hijau), sebuah satwa liar, untuk proyek reklamasi laut, dan menggunakan teknologi sonar untuk menyingkirkan kehidupan laut di area tersebut. Namun tanpa diketahui olehnya, Green Gulf adalah rumah dari para duyung, dan sonar itu menyebabkan mayoritas dari mereka mati maupun sakit. Beberapa duyung yang selamat tinggal dalam kapal karam yang terlantar di teluk tersebut, ingin membunuh Liu Xuan karena perbuatannya. Para duyung mengutus Shan-Shan (diperankan oleh Lin Yun), duyung cantik yang sudah dilatih berjalan dengan ekornya dan menyelinap diantara manusia, dalam sebuah “perangkap manis” untuk menghadapi Liu Xuan. Di malam perayaan kesuksesannya Liu Xuan, Shan-Shan menyamar menjadi seorang penari dan memberikan nomor ponselnya pada Liu Xuan.

Liu Xuan mengira Shan-Shan adalah seorang wanita panggilan, Liu Xuan menelponnya untuk membuat rekan bisnisnya cemburu. Shan-Shan menemui Liu Xuan dan mencoba membunuhnya, namun usahanya malah berbalik arah. Akhirnya, Liu Xuan memutuskan untuk mengantarkan Shan-Shan pulang ke rumah, dan dalam perjalanan pulang Shan-Shan membawanya ke wahana tempat ia bekerja. Saat berada disana, Shan-Shan berusaha menunjukkan pada Liu Xuan ada hal yang lebih penting daripada uang, dan Liu Xuan terkesan dengan kesederhanaannya Shan-Shan, keunikannya yang lucu. Mereka menghabiskan waktu bersama dan perasaan tumbuh diantara mereka. Saat Liu Xuan akhrinya mengantar Shan-Shan pulang, Shan-Shan buru-buru menyuruhnya pergi sebelum orang-orangnya membunuh Liu Xuan. Keesokan harinya, Liu Xuan mengajak Shan-Shan kencan dan melamarnya, namun Shan-Shan menolaknya.

Malam itu, Liu Xuan datang ke rumah Shan-Shan untuk berbicara dengannya, dan mengetahui kebenaran bahwa dia dan keluarganya adalah para duyung. Bertentangan dengan keinginan Shan-Shan, yang lain menangkap Liu Xuan dan memberitahunya tentang pembunuhan yang ia lakukan dengan proyek pembangunannya. Liu Xuan nyaris terbunuh namun Shan-Shan menolongnya untuk kabur. Liu Xuan pulang dan setelah rasa syoknya memudar, ia memutuskan untuk menyelidiki efek dari proyeknya. Dia memerintahkan untuk mematikan sonar namun keceplosan memberitahu rekan bisnisnya bahwa Shan-Shan adalah seekor duyung juga tentang keberadaan mereka. Akhirnya, para duyung diserang, dan banyak diantara mereka yang terbunuh. Liu Xuan tiba tepat sesaat sebelum Shan-Shan dibunuh dan menyelamatkannya, mengirimnya kembali ke laut sehingga Shan-Shan bisa kabur.

Tiga tahun kemudian, seorang pelajar datang ke rumahnya Liu Xuan untuk berterima kasih padanya yang sudah memberikan beasiswa untuk penelitian dalam perlindungan lingkungan. Si pelajar bertanya pada Liu Xuan apakah duyung benar-benar nyata dan kebenaran cerita tentang dia yang jatuh cinta dengan duyung, namun Liu Xuan menampiknya. Lalu Liu Xuan memperkenalkan istrinya ‘Lucy’ pada si pelajar, yang sebenarnya adalah Shan-Shan.

Pemeran

Video

Pendapat Pribadi

Nonton filem ini karena tertarik dengan video trailernya, yaitu ekor duyung yang besar, berharap ada efek apa gitu. Akhirnya memutuskan untuk menontonnya bersama keluarga di hari Minggu (20/3/2016), di Cinemaxx (Kuta, Bali). Komedinya dapat, cukup menghibur. Pemunculan pertama Shan-Shan di pestanya Liu Xuan dengan dandanan yang membuat kaget Liu Xuan dan Ruo Lan, membuat ngakak gak berhenti.

Pesan dari filem ini juga dapat, kira-kira seperti ini : Janganlah kita mementingkan uang dari segala-galanya. Karena meskipun punya uang yang banyak, tanpa air bersih dan udara segar, semua uang itu tidak akan ada artinya. Maka dari itu, jaga dan lindungilah lingkungan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s